NEWS
DETAILS
Senin, 29 Sep 2014 09:45 - Supra Mania Ngayogyokarto
Hari ini admin iseng-iseng browsing dan menemukan artikel menarik. Yaitu tentang cairan yang wajib dijaga ketersediaannya dan kondisinya agar motor Honda Kita tetap dalam performa yang baik.
 
Cairan pertama adalah bahan bakar minyak (BBM). Semua bikers Honda pasti tahu dong kalau Kita sampai kehabisan BBM, otomatis sepeda motor akan mogok. BBM merupakan "bahan baku" yang akan diproses di ruang bakar sepeda motor dan menjadi satu-satunya sumber energi. Jadi meskipun sepeda motor Honda (apalagi Supra series) terkenal sebagai motor yang sangat hemat BBM, Kita tak boleh melupakan ketersediaan cairan ini.
 
 
Cairan kedua adalah oli mesin. Jika diibaratkan BBM sebagai makan yang menjadi sumber energi bagi tubuh, maka oli mesin dapat diibaratkan sebagai darahnya motor. Karena oli mesin akan bersirkulasi dalam mesin untuk melumasi komponen-komponen yang senantiasa bergerak atau bergesekan. Seandainya olie berkurang, efeknya tidak terasa langsung seperti bensin. Namun efeknya lebih parah, secara perlahan komponen mesin bakal cepat aus dan lama-kelamaan bisa rontok! Jangan lupa periksa kondisi oli secara berkala, misal setiap 1500 Km.
 
Berikutnya adalah minyak rem. Untuk motor Honda yang sudah menggunakan rem cakram, fungsi minyak rem adalah menyalurkan tekanan dari handle rem menuju kaliper melewati master rem. Penyakitnya sih biasanya saluran rem ini kemasukan angin sehingga performa rem jadi tidak maksimal alias kena angin palsu. Cara menanganinya yang paling aman adalah menguras minyak rem dan mengisinya dengan yang baru.
 
Kita lanjut ke jenis cairan selanjutnya yang kurang disadari keberadaannya. Ya, cairan berikutnya adalah oli shockbreaker. Fungsi oli shock adalah untuk membantu meredam guncangan motor Honda kesayangan. Bagaimana efeknya jika oli shockbreaker tidak pernah dicek kondisinya? Ya serasa naik gerobak.
 
Lanjut, cairan berikutnya belum tentu ada di setiap motor Honda. Khusus motor Honda yang menggunakan radiator alias pendingin mesin dengan cairan. Yap, cairan yang dimaksud adalah radiator coolant. Fungsinya vital, sebab menjaga mesin tetap adem alias tidak sampai overheat sehingga performanya tetap terjaga.
 
Terakhir, cairan ini juga tidak ada di setiap motor Honda. Adanya hanya di motor matic alias berpenggerak CVT. Namanya oli gardan! Fungsinya bisa diibaratkan sebagai pelumas rantai pada motor biasa, biar gerakan gardan di roda belakang jadi lancar dan enggak seret. Tanda-tanda oli gardan perlu diganti, suara CVT terdengar berisik dan lari sedikit loss. Normalnya sih dicek setiap 8000 Km.
 
Itu dia cairan-cairan yang harus selalu dipantau agar performa motor Honda selalu optimal. Apalagi buat Bro & Sist yang hobi touring ke luar kota.
 
 
source:  welovehonda.com
RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK