NEWS
DETAILS
Selasa, 26 Aug 2014 00:00 - Supra Mania Ngayogyokarto
Drive chain atau rantai motor adalah salah satu elemen penting di dalam sistem gerak sepeda motor. Bersama roda gigi (driven sprocket), ia meneruskan daya dari putaran mesin ke roda belakang. Rantai yang bermasalah bisa mempengaruhi laju motor Honda anda. Sehingga selain perawatan pada mesin, perawatan pada rantai (driven chain assy) sepeda motor adalah hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang acapkali timbul pada rantai sepeda motor pada umumnya.
 
Rantai Kering 
Rantai yang kering bisa kita ketahui langsung dengan melihat rantainya atau bisa dirasakan saat digunakan, akan timbul suara kasar akibat pergerakan rantai dan gigi-nya. Permasalahan rantai yang kering biasanya juga diikuti dengan timbulnya bercak-bercak karat.
 
Rantai Kendor
Faktor selanjutnya adalah rantai kendor, kondisi ini bisa menyebabkan lepasnya rantai, bayangkan bila motor melaju dengan kencang, kemudian rantai lepas secara tiba tiba, hal tersebut bisa sangat membahayakan pengemudinya. Untuk itu pastikan selalu untuk melakukan penyetelan jarak renggang rantai roda yaitu 2-3 cm.
 
Mata Gigi (drive & driven sprocket) yang tajam 
Seiring berjalannya pemakaian, akan menyebabkan mata /ujung gigi semakin tajam dan aus. Dengan kondisi seperti ini, rantai tidak akan mencengkram gigi dengan baik sehingga putaran mesin tidak bisa diteruskan dengan optimal ke roda belakang. Perlu diperhatikan bahwa untuk setiap penggantian rantai roda disarankan untuk mengganti sekalian dengan giginya (gear set).
 
Untuk menghindari beragam permasalahan diatas ada beberapa hal yang bisa Sahabat Honda lakukan, yaitu:
  1. Bersihkan rantai dan gigi (driven chain assy) secara rutin.
  2. Lumasi rantai secara berkala dan setiap motor habis di pakai saat hujan.
  3. Gunakan pelumas rantai khusus (chain lube).
  4. Jangan melumasi rantai dengan oli bekas / solar / bensin / minyak tanah karena dapat melarutkan grease yang ada di sela - sela rantai.
  5. Selalu melakukan pengecekan dan penyetelan ketegangan rantai, tidak boleh terlalu kendor juga tidak boleh terlalu kencang (2-3 cm).
  6. Jangan pernah memotong rantai roda apabila rantai sudah kendor/aus.
Semoga Bermanfaat.
RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK