NEWS
DETAILS
Kamis, 21 Aug 2014 00:00 - Supra Mania Ngayogyokarto

Yogyakarta – Valve Cap atau yang Bro & Sist kenal sebagai "Tutup Pentil" merupakan komponen kecil yang kerap disepelekan dan dilupakan oleh para bikers. Meskipun ukurannya kecil dan sangat jarang rusak, komponen ini ternyata memiliki peran yang cukup penting lho.

Fungsi pertama valve cap adalah mencegah udara di dalam ban tidak keluar melalui celah kecil katup pentil, terutama bagi yang usia penggunaannya cukup lama. Fungsi kedua dari valve cap ini adalah untuk mencegah kotoran masuk ke pentil. Kotoran yang umum masuk adalah debu dan air. Kedua jenis benda tersebut jika masuk ke  pentil ban dapat merusak katup dan menimbulkan korosi yang menyebabkan katup bocor.

Valve cap sendiri memiliki berbagai jenis tipe: berbahan plastik, dan metal yang didalamnya terdapat lapisan karet untuk menyumbat udara, kotoran seperti debu dan air masuk. Selain itu ada jenis valve cap yang memiliki indikator untuk memberitahu pengguna mengenai tekanan ban berkurang atau tidak. Untuk yang terakhir ini biasanya banyak diaplikasikan pada mobil.

Terdapat juga valve cap dengan fungsi aksesoris. Fungsi utama valve cap jenis ini adalah untuk membuat sepeda motor terlihat lebih keren dan trendy sesuai dengan gaya modifikasi. Untuk model dan bahan valve cap aksesoris ini sangat beragam. Mulai yang terbuat dari plastik atau metal dengan bentuk dadu, botol bir, peluru, tengkorak, hingga bentuk sederhana yang dipercantik dengan emboss / gravir tertentu. (CAD)

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK