NEWS
DETAILS
Kamis, 07 Aug 2014 00:00 - Supra Mania Ngayogyokarto
Bro & Sist.
Akhir-akhir ini cuaca semakin tidak menentu. Bahkan kemarin sempat ada angin besar yang menerjang daerah UGM dan sekitarnya dan menelan korban jiwa. Bagi Bro & Sist Honda community, tentu saja menghadapi hembusan angin kencang sudah menjadi hal yang sangat mungkin dihadapi.
 
Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghadapi terpaan angin yang berhembus kencang. Pertama Bro & Sist harus terus awas dan waspada pada titik-titik yang biasanya terjadi hembusan angin kencang. Biasanya terjadi di jalan layang (fly-over) atau terowongan. Turunkan kecepatan hingga sepeda motor bisa dikuasai dengan sempurna. Kedua, kurangi kecepatan sampai titik terendah. Misalnya, pada motor jenis AT / matik kecepatan aman tertinggi adalah 60 km/jam, kurangi laju sepeda motor sampai 20 km/jam. Ini adalah cara aman, agar bisa tetap mendapatkan keseimbangan.
 
Ketiga, selalu gunakan riding position yang benar. Usahakan kedua kaki menjepit bodi dengan rapat. Bila sepeda motor jenis sport, bisa menjepit tangki bensin. Buat jenis matik atau bebek, rapatkan kaki sampai setara dengan lebar bodi depan. Ini dimaksudkan agar daya hambat bisa lebih berkurang saat angin menerpa. Yang terakhir, tindakan paling bijaksana tentu saja adalah menepi dan berhenti sejenak sampai benar-benar situasi angin kembali reda. Pada poin ini, Bro & Sist harus memastikan bahwa kondisi aman saat menepi. Usahakan jangan menepi di bawah pohon, dekat papan iklan (billboard / baliho), atau tiang listrik/telepon, karena berisiko tertimpa jika barang-barang tersebut roboh / tumbang.
RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK